Rabu, April 21, 2010

Hari Kartini 2010

Ini adalah tanggal 21 April kedua di tempatku kerja sekarang. Tidak ada kegiatan apa pun untuk memperingati Hari Kartini. Aku tidak ingat apakah setahun yang lalu aku sudah punya akun di FB, mungkin belum. :) Hari ini aku lumayan 'terhibur' karena ternyata banyak teman di listku yang menulis sesuatu yang berhubungan dengan Hari Kartini. :)

Satu tahun yang lalu di sekolah tempatku bekerja mengundang tiga tamu perempuan yang dianggap cukup professional di profesi masing-masing, yakni dokter hewan, seorang pakar hukum, dan seorang businesswoman. Mereka diminta berbagi pengalaman tentang profesi mereka masing-masing dengan para siswa. Karena mereka (kebetulan) berjenis kelamin perempuan, tentu mereka diminta juga berbicara hubungan mereka mencapai profesi tersebut dengan perjuangan Kartini. Tiga tamu tersebut mengunjungi kelas-kelas yang berbeda. Kebetulan aku berada di kelas 7, yang menerima tamu si businesswoman. Sebagai seorang pengamat gerakan feminisme di Indonesia, tentu aku sangat antusias mendengarkan, sekaligus bergabung dengan diskusi yang ada.

Catatan, anak-anak tidak diminta mengenakan busana tradisional tatkala berangkat ke sekolah pada tanggal 21 April 2009 itu.

Acara memperkenalkan jenis-jenis profesi para perempuan ini menurutku cukup berhasil memberikan wawasan yang lebih luas kepada anak-anak. Meski aku yakin anak-anak (perempuan khususnya) di zaman sekarang tentu lebih 'melek' untuk memilih berbagai jenis pekerjaan yang ingin mereka geluti di masa depan mereka.

Tahun ini sekolah cukup sibuk dengan beberapa kegiatan lain, sehingga tidak ada acara khusus untuk menyambut Hari Kartini.

C-net 21.17 210410

Tidak ada komentar:

Posting Komentar